Post Image

Apa itu Peretasan Digital?

1 tahun yang lalu

Category: knowledge
Author: KodingNow

Wah baru-baru ini sedang marak kabar berita peretasan data masyarakat Indonesia oleh kelompok peretas Blackhat Bjorka. Dari suarat kabar data yang diretas cukup banyak juga nih, mulai dari data KPU, data vaksinasi, data kartu SIM, bahkan data BIN, dan dokumen rahasia presiden. Sampai-sampai dari data hasil peretasan tersebut diisukan adanya data petinggi Negara yang dikabarkan belum vaksin lengkap, yang menimbulkan terpancingnya beberapa pertanyaan dan argumentasi netizen. Ups skip!, Yuk langsung saja Kita cari tahu terkait apa itu peretasan seacara umum, Check it Out!!!

 

1. Peretas

Peretas adalah seorang ahli komputer yang menggunakan pengatahuan teknis mereka untuk mengatasi masalah yang terjadi pada komputer. Seiring berjalannya waktu dengan adanya perkembangan teknologi munculnya peretas keamanan. Peretas keamanan bertujuan untuk membobol sistem keamanan komputer menggunakan/memanfaatkan bug (cacat perangkat lunak) atau exsploit (kode menyerang perangkat lunak) dengan maksud tujuan tertentu. (Sumber: Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Peretas)

 

2. Proses Peretasan

Proses peretasan pada acara wawancara eksklusif Putra Aji ada beberapa tahap yaitu 1) Information gathering adalah tahap pengumpulan informasi target; 2) scanning adalah proses pencarian beberapa kemungkinan alih target menggunakan beberapa tools pendukung; 3)exploitation adalah tahapan analisis kelemahan dan penetrasi serangan ; 4) reporting adalah tahapan pelaporan kelemahan yang ditemui; dan 5) mitigation adalah tahapan menutupi jejak yang ditinggalkan dengan memperbaiki kembali.

 

3. Indikasi Terjadi Peretasan

Kenali indikasi kemungkinan adanya proses peretasan sistem pada device Anda sejak dini supaya tidak sampai hilang atau terambil alih data-data penting. Indikasi adanya proses peretasan seperti 1) ditemui terinstalnya rootkit (virus yang berisi sekumpulan software untuk menyembunyikan data Anda) atau aplikasi tidak dikenal pada device Anda; 2) munculnya layanan-layanan tidak sah, contohnya pop up atau iklan aneh tanpa izin user; 3) diketahui adanya sharing yang tidak sah; 4) adanya perubahan pada setting policy user secara tidak sah; 5) ditemukan history SetuID dan SetgID (SetuID adalah Set user ID upon execution dan SetgID adalah Set user group ID): dan lainnya (RR Ganesha : 2013).

 

4. Pertolongan Pertama

Indikasi berhasil diketahui maka harus segera diatasi dengan berbagai langkah yang harus diambil dengan cepat, karena hal ini bakalan merugikan user/klien kita. Langkah pertolongan pertama seperti : 1) melaporkan kepada tim cyber security jika memiliki; 2) dokumentasikan segala bentuk bukti untuk dijadikan fokus perbaikan sistem yang diretas; 3) memutuskan koneksi internet apabila terjadi peretasan device; 4) menganalisis perubahan yang terjadi akibat peratasan (periksa binary, sharing tidak sah, periksa registry, periksa file konfigurasi, cari perubahan data) ; 5) backup data tersedia; 6) segera lakukan forgot password jika berkaitan dengan peratasan akun;

 

Oke itu dulu sesi belajar bersama terkait apa itu peratasan, tetap ikuti terus konten KodingNow.com “cara terbaik untuk mewujudkan impian Anda menjadi nyata”

Thumbnail Image by B_A from Pixabay 

Share

Comments

Comments not found.

Add Comment