Post Image

Aspek Penting Pengembangan e-Learning

1 tahun yang lalu

Category: knowledge
Author: KodingNow

Pengembangan e-Learning berupaya menyediakan media pembelajaran elektronik yang dapat mempermudah akses materi dan pemahaman siswa terkait materi pemebalajaran. Adanya e-Learning memberikan kemudahan bagi siswa untuk melangsungkan proses belajar dimanapun dan kapanpun secara mobile, menggunakan alat elektronik yang dimiliki seperti smartpone maupun laptop. Kemudahan akses pengetahuan era digiltalisasi ini tidak lain karena para pengembang memperhatikan beberapa aspek yang dapat mengoptimalkan hasil belajar dan kberlanjutan penggunaan sistem e-Learning. Berikut kami sajikan hasil studi penelitian (Al-Fraihat et al., 2020) terkait aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan e-Learning mu, check it out !

 

1. Kualitas Sistem Teknis

Kualitas sistem teknis menjadi hal yang pertama diperhatikan sebelum rilisnya e-Learning sobat, Mengapa? Kualitas sistem teknis yang baik akan dapat mempermudah oprasi aplikasi oleh user, sehingga e-Learning sobat tidak terkesan membingungkan dari mulai awal membuka sistem hingga output akhir  yaitu pengukuran hasil belajar. Kualitas sistem teknis yang baik juga menyajikan fitur yang penting bagi user sesuai tujuan pengembangan e-Learning, sehingga dapat meminimalisir fitur yang kurang bermanfaat dan memperkompleks e-Learning sobat. Supaya lebih optimal jangan lupakan unsur fleksibilitas e-Learning, dengan sajian berbagai macam konten pembelajaran, fitur apresiasi, forum diskusi, perubahan tema, bahasa, dan fitur pendukung yang bermanfaat lainnya.

 

2. Kualitas Informasi

Tulang punggung dari sebuah sistem e-Learning ada pada konten pembelajaran yang disajikan. E-Learning sobat bakalan rame nih kalau konten materi yang disajikan sesuai kebutuhan pengguna. Konten tersebut selanjutnya perlu di sajikan dengan kualitas yang benar-benar baik seperti disajikan secara sistematis, bertahap, dan menekankan hal-hal penting dalam sebuah konten pembelajaran. Konten pembelajaran yang baik tentunya akan membentuk pengetahuan dan ketrampilan pengguna e-Learning sobat, namun kalau user masih belum tertarik, baik untuk terus berusaha meyajikan konten informasi yang berkualitas! Yuk jangan patah semangat!

 

3. Kualitas Layanan

e-Learning yang baik, memiliki sistem pelayanan yang baik pula tentunya. Kualitas layanan yang diberikan bertujuan untuk memberikan perhatian, mendengarkan umpan balik user, dan memperlancar proses pembelajaran. Kualitas layanan yang baik dapat diindikasikan apabila adanya instruksi yang jelas dari pihak pengembang e-Learning terkait permasalahan dan solusi yang ditemui user. Instruksi tidak sekedar petunjuk tertulis, bahkan untuk menjamin kepuasan user e-Learning adanya pendukung customer service personal yang memberikan bimbingan dengan sabar terkait permasalahan dan solusi kepada pihak user. Jadi tetep semangat dan bersabar ya, untuk kalian para pengembang e-Learning ! : )

 

4. Manfaat

Jaga fokus e-Learning sebagai media pembelajaran elektronik yang memberikan kemanfaatan bagi user nya. User menggunakan e-Learning tentu ingin merasakan dampak manfaat terkait peningkatan kompetensi belajar. Jadi, jangan bosan lakukan riset pengembangan fitur atau struktur oprasional e-Learning yang dapat mengoptimalisasikan peningkatan kompetensi. Proses peningkatan kompetensi akan lebih menarik dengan adanya interaksi anatar user di sistem e-Learning sobat, jadi user tidak merasa terkurung dalam sebuah sistem yang kaku namun dapat saling berinteraksi secara online dengan user lain. Desain e-learning demikian, tentu dapat menghemat anggaran proses pembelajaran dan meningkatkan fleksibilitas user dalam belajar dimanapun dan kapanpun bersama kawan dan para guru/instruktur.

 

Bagaimana tertarik birdiskusi mengembangkan sistem e-Learning?, yuk diksusikan bersama kodingnow.com “the best way make your dream come true”

Thumbnail Image : Image by Mudassar Iqbal from Pixabay 

Share

Comments

Comments not found.

Add Comment